Museum Manusia Purba Sangiran, “The Homeland of Java Man”

Museum Sangiran, "The Homeland of Java Man"

Sedimen pada awalnya diendapkan pada posisi mendatar. Tenaga endrogen akibat pergerakan lempeng tektonik di selatan Pulau Jawa disertai tenaga eksogen berupa gaya pembebanan dari endapan sedimen disekitar Sangiran mengakibatkan daerah Sangiran terangkat dan membentuk lipatan/kubah.
Sumbu lipatan/puncak kubah merupakan daerah paling banyak terdapat retakan sehingga mudah tererosi bahkan sampai membentuk cekungan.
Aktivitas erosi inilah yang menghadirkan rekaman kehidupan masa lalu dari endapan sedimen tua bumi Sangiran. — “The Homeland of Java Man”

Gallery 2, Langkah-langkah Kemanusiaan

Gallery 3

Manusia modern adalah spesies yang langka kalau bukan satu-satunya.
Hanya manusia yang dapat berbahasa, menciptakan teknologi, berkarya seni, memiliki ilmu pengetahuan dan belajar dari masa lampau.
Dengan kata lain, species satu-satunya yang menghasilkan budaya.
Sejarah evolusi manusia mengajarkan pada kita, bahwa semua keunggulan itu adalah hasil suatu proses panjang yang terjalin oleh keberuntungan, kecerdasan dan keberhasilan manusia menjalin hubungan sosial.
Karena itu, hakekat kemanusiaan tidak terletak pada keberhasilannya memenuhi kebutuhan ragawi, tetapi justru pada kemampuan manusia untuk belajar terus memelihara kepedulian sosial, saling menghormati, tenggang rasa dan memiliki cinta kasih. Itulah yang membedakan manusia dengan mahluk lain.“The Homeland of Java Man”, Sangiran

Foto : Yudi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: