Analisa Runtuhnya Jembatan Mahakam II, Tenggarong-Kaltim

Jembatan Kutai Kartanegara sebelum runtuh pada 26-11-2011

Kaltim Post, Setelah Dinyatakan Bergeser 15 Centimeter (bagian puncak 2 tiang utama jembatan bergeser).

Tenggarong – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara (Kukar) menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk pemeliharaan Jembatan Kartanegara. PU mengakui jembatan bergeser sekitar 15 sentimeter. Tapi pergeseran itu diyakini masih dalam batas toleransi dan tidak berdampak buruk. Tindakan pemeliharaan meliputi pengencangan baut-baut yang longgar, sementara yang rusak diganti. Dilanjutkan pengencangan dan penyetelan kembali hanger (penggantungan kabel) jembatan,

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter, dari total panjang jembatan yang mencapai 710 meter.

Jembatan ini merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda.
Jembatan Kartanegara merupakan jembatan kedua yang dibangun melintasi Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda dan dikenal sebagai Golden Gate-nya Kalimantan karena menyerupai jembatan di San Fransisco, Amerika Serikat. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut.

Jembatan ini digunakan untuk bentangan yang cukup panjang yang tidak memungkinkan menggunakan konsep Cable-Stayed

Jembatan ini juga merupakan akses menuju Samarinda ataupun sebaliknya yang dapat ditempuh hanya sekitar 30 menit. Melewati Jembatan Kutai Kartanegara ada pemandangan menarik yang dapat disaksikan, yaitu hamparan sebuah pulau kecil yang memisahkan Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang, yaitu Pulau Kumala, sebuah pulau yang telah disulap menjadi Kawasan Wisata Rekreasi yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di kawasan Jembatan Kutai Kartanegara juga terdapat Jam Bentong yang merupakan sebuah tugu yang terdapat taman-taman yang terlihat asri dan indah jika dilihat dari atas jembatan. Di dekat jembatan dibangun sarana olahraga panjat dinding sebanyak 2 buah. Kawasan ini setiap sorenya selalu dipenuhi oleh pengunjung yang dapat menikmati keindahan Jembatan Kutai Kartanegara serta memandang Pulau Kumala dari kejauhan.

Pada tanggal 26 November 2011 Jembatan Kutai Kartanegara ambruk. Puluhan kendaraan yang berada di atas jalan jembatan tercebur ke Sungai Mahakam. 4 orang tewas dan puluhan luka-luka akibat peristiwa ini.

Jembatan Kutai Kartanegara sebelum runtuh pada 26-11-2011

Foto runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara, Tenggarong

Konstruksi dan Detail Teknis Jembatan

Jenis konstruksi jembatan Mahakam II adalah Jembatan Gantung Sistem Kabel Tunggal (Single Catenary Cable) dengan rangka pengaku berupa modifikasi rangka baja Standar Bina Marga.

Semua lantai jembatan adalah beton bertulang K-350/U-40 dengan wearing course berupa aspal HRS setebal 40mm.

Masing-masing tiang pada tiap kelompok pondasi disatukan oleh pile cap dari beton bertulang K-350/U-40.

Pada pembangunan jembatan Mahakam II, dimana konstruksi utama jembatan berupa jembatan gantung 3 bentang semetris dimana bentang utama 270 meter.

Presentasi Teknik Konstruksi Dalam Optimalisasi Pembangunan Jembatan Mahakam II

6 Inovasi Teknik Jembatan Mahakam II Kukar, Kaltim

  1. Disajikan pada konferensi regional teknik jalan ke-6 di Denpasar 18-19 Juli 2002
  2. Kepala Bidang Rencana dan Evaluasi, Bapekin, Dep. Kimpraswil
  3. Kepala Proyek Pembangunan Jembatan, PT Hutama Karya

Sumber: Wikipedia, Kaltim Post, Jembatan Bentang Panjang: Konsep dan Kebijakan Perencanaan, 6 Inovasi Teknik Jembatan Mahkam II Kukar, Kaltim

7 Responses

  1. terus analisa runtuhnya apa nih?

    • analisa strukturnya masih ditangani pihak yang berkepentingan, saya bukan orang struktur sipil. kalau mau hitung silakan bisa didownload skema perhitungan strukturnya buat studi banding. ok? thanks.

  2. kalo sudah terungkap sebab-sebab runtuhnya jembatan ini, tolong di share ya pak. kami sebagai masyarakat awam, ingin tahu errornya di bagian mana, apakah dari insinyurnya atau dari methode pembangunannya… thanks..

  3. salam,
    tertimakasih untuk infonya, sebagai masyarakat awan saya salut, ini bukan cuma masalah sharing tentang konstruksi jembatan, tapi lebih jauh tentang demokrasi, berbagi pengetahuan agar tidak tersesat dalam pandangan, bisa objektif dan berkeadilan dalam menilai.
    terimakasih, salam…

  4. mohon di share kalau fakta runtuhnya sudah terungkap,
    salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: