Iris, Selaput Pelangi Mata Kita

Warna mata kita berbeda

Berawal dari sebuah karya fotografi tajam dan fokus terhadap Iris atau Selaput Pelangi.

Iris atau Selaput Pelangi merupakan jaringan berbentuk cakram melingkar yang terdapat persis di depan lensa. Jaringan ini tersusun atas serabut otot sirkuler dan radial. Di bagian ini terdapat pigmen yang mengatur warna mata, artinya warna pada mata kita sekarang adalah Iris atau Selaput Pelangi.

Fungsinya mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata dengan mengatur ukuran pupil. Tekstur visual dari selaput pelangi dibentuk selama perkembangan janin dan menstabilkan diri sepanjang dua tahun pertama dari kehidupan janin. Tekstur selaput pelangi yang kompleks membawa informasi sangat unik dan bermanfaat untuk pengenalan pribadi.

Selaput pelangi atau iris adalah daerah berbentuk gelang pada mata yang dibatasi oleh pupil dansklera (bagian putih dari mata). Tekstur visual dari selaput pelangi dibentuk selama perkembangan janin dan menstabilkan diri sepanjang dua tahun pertama dari kehidupan janin. Tekstur selaput pelangi yang kompleks membawa informasi sangat unik dan bermanfaat untuk pengenalan pribadi. Kecepatan dan ketelitian dari sistem pengenalan berbasis Iris sangat menjanjikan dan sangat memungkinkan untuk digunakan pada sistem identifikasi berskala besar. Masing-masing selaput pelangi adalah unik dan seperti sidik jari, tekstur selaput pelangi dari kembar identik adalah berbeda. Tekstur dari selaput pelangi sangat sulit untuk dirusak melalui pembedahan (Wikipedia)

Lapisan Iris Mata

Lapisan paling depan adalah lapisan batas anterior, yang banyak mengandung pigmen (melamin). lapisan yang berada tepat di belakangnya adalah lapisan stroma tabekular yang mengandung serat kolagen. Lapisan ini berwarna biru kelabu. lapisan yang berada di belakangnya lagi adalah pembuluh darah iris, yang berwarna kemerahan. tiga lapisan berikutnya (lapisan otot sfingter, dilator, dan pupil) tidak berperan dalam menentukan warna iris, lapisan paling depan berwarna coklat, lapisan berikutnya berwarna biru kelabu, dan lapisan berikutnya yang berwarna merah.

Warna mata sebenarnya diatur multigenetik. artinya bahkan ketika kita menikah dengan pasangan yang berwarna mata coklat juga, maka ada kemungkinan warna mata anak kita bisa jadi biru. Konsep yang dianggap paling mudah menjelaskan bagaimana warna iris diturunkan secara herediter adalah konsep hereditas 2 alel (pewarisan watak dari induk ke keturunannya baik secara biologis melalui gen DNA dari sepasang gen), seperti ini:

Probabilitas (Teori Kemungkinan)

Di dunia ini juga ada kelainan dalam mata makhluk hidup yang dikenal dengan nama Heterochromia yang sering kita ketahui sebagai kelainan karena kedua bola matanya berbeda warna. warna gelap mata ditentukan oleh jumlah melanin, suatu pigmen coklat gelap, yang terdapat dalam bagian mata yang disebut iris. Mata berwarna biru disebabkan sedikitnya jumlah melamin, sementara mata berwarna berwarna coklat menunjukkan iris dengan kandungan melamin yang banyak. orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih gelap ,memiliki lebih bnayak melamin sehingga mereka memiliki mata yang berwarna coklat. sementara orang dengan warna dan kulit yang lebih pucat memiliki jumlah melamin yang lebih sedikit sehingga biasanya memiliki warna mata yang lebih terang. saat seorang individu memiliki jumlah melamin yang berbeda pada setiap iris di mata mereka, maka mata mereka pun akan memiliki warna yang berbeda. nah .. biasanya langka banget ada manusia yang memiliki kelainan tersebut. tapi ada yang namanya heterochromia Iridium yang umumnya terjadi pada kaum hewan.

Heterochromia pada Manusia

Heterochromia pada Hewan

Fotografer bernama Suren Manvelyan yang dengan luar biasa melakukan pemotretan terhadap iris mata manusia dengan ketajaman yang cukup detail.

Iris

Iris Mata Manusia

Iris Mata Manusia

“Mata adalah jendela dunia.”

Sumber Foto      : Suren Manvelyan

Sumber Tulisan: Kaskus & Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: