4 You 4 Ever

Orang Jepang tidak menyukai angka “4” dan “9”, tetapi menyukai angka “8”.Ingin tahu alasannya, angka 4 dalam bahasa Jepang diucapkan Shi atau Yon, tetapi lebih banyak di ucapkan shi, dan shi ini singkatan dan indentik dengan kata kerja 死ぬ shinuyang artinya kematian sehingga tidak aneh bila diapartemen (apato) atau dirumah sakit biasanya tidak ditemukan nomor kamar dengan  nomor yang berakhiran “4”, bahkan lantai 4 pun tidak ada. Coba anda perhatikan apakah diapato tempat tinggal anda nomor kamar 104, 204 ,304 dan seterusnya?  Biasanya setelah nomor 103 langsung nomor 105, atau setelah nomor 203 langsung nomor 205. bahkan di beberapa bangunan yang berlantai diatas 5 lantai tidak ada lantai 4 nya. Begitu juga dengan angka “9” yang diucapkan kyuatau ku, orang jepang tidak suka dengan nomor 9 karena percaya bahwa nomor sembilan membawa sial atau penderitaan seperti ucapan 苦しいKurushii, karena alasan tersebut diatas orang jepang menhindari angka 4 dan 9..

Bila anda memperhatikan harga harga di supermarket maka kita akan melihat deretan harga dengan akhiran angka 8 seperti  harga wortel, dan sayuranlain yang berkisar antara ,78, 88, atau 98  yen, jarang yang langsung dengan harga pas 80, 90 atau 100 , harga daging dan ikan misalnya 198, 298, 398 dan seterusnya jarang yang langsung dengan harga 200, 300 atau 400 sebagainya. Angka 8 memang disukai masyarakat Jepang karena dianggap membawa keberuntungan atau lucky number. Angka delapan diucapkan 八Hachi yang artinya antara lain beruntung, bahagia dan sebagainya. Begitu dengan nomor telpon banyak sekali yang menginginkan nomornya berakhiran 8.

Numerologi

Angka 4: Melambangkan sifat Bumi, sabar, telaten, kreatif, cekatan

Angka 4: Berkaitan dengan materi yang telah mapan, merupakan angka keteraturan temporal

Angka 4 memiliki arti khusus di berbagai kebudayaan. Kebanyakan budaya di Asia Timur menganggap angka 4 sebagai angka sial. Di Hong Kong (juga di Indonesia), beberapa apartemen menghilangkan lantai-lantai yang ditulis dengan angka 4. Dalam kebudayaan China, Korea, Taiwan, dan Jepang, empat dianggap angka sial karena pengucapannya homonim (kata dengan lafal dan tulisan sama tapi beda makna) dengan kata “kematian”. Hal ini membuat banyak masyarakat di negara Asia Timur yang paranoid dengan angka empat yang dikenal dengan istilah tetraphobia . Namun, ada juga pandangan lain yang menyebut angka empat memiliki makna yang baik. Di ulang tahun Esquire yang ke 4, kami mengajak Anda menelusuri berbagai makna di balik angka 4 dalam berbagai kebudayaan dan kepercayaan. Percaya atau tidaknya, kami kembalikan pada Anda.

Numerologi: Membaca Dalam kebudayaan manusia di dunia, rasi bintang kerap dianggap memengaruhi sifat orang-orang yang lahir di bawah naungannya atau dikenal dengan istilah astrologi. Begitu juga dengan angka. Angka kerap dihubungkan dengan kehidupan manusia. Makna sebuah angka dalam kehidupan manusia disebut numerologi. Ilmu ini begitu popular di antara ahli matematika zaman dahulu, seperti Pythagoras. Ia percaya bahwa segala hal di dunia ini memiliki hubungan dengan angka dan otak manusia diberi kemampuan untuk mengungkap makna rahasia di balik angka-angka tersebut. Namun kini (sama halnya dengan astrologi), numerologi dianggap tidak bersifat ilmiah atau dianggap sebagai pseudo science.

Empat di berbagai hal:

  • Agama Kristen mengenal 4 gospel, yaitu Matius, Mark, Luke, dan Yohanes.
  • Dalam Islam terdapat 4 kitab suci yang diturunkan Allah kepada para nabi. Kitab Taurat, Kitab Zabur, Kitab Injil, dan Kitab Al-Qur’an.
  • Dalam kajian psikologi dikenal dengan 4 kepribadian: sanguinis, melankolis, koleris, dan phlegmatis.
  • Ada 4 pilar yang membangun suatu negara: eksekutif, legislatif, yudikatif, dan jurnalisme. Dikenal juga dengan istilah Four Estate.
  • Ada e4 golongan darah (A, B, O, AB).
  • Semua serangga bersayap, kecuali lalat, memiliki 4 sayap.
  • Tetris adalah permainan yang namanya diambil dari kata 4 dalam bahasa Yunani. Setiap bentuk dari permainan ini terdiri dari 4 blok
  • Dunia mengenal 4 musim
  • 4 elemen dasar (tanah, angin, api, dan air).
  • 4 Arah mata angin utama (utara, selatan, barat, dan timur).
  • Digit biner yang ekuivalen dengan 1 digit heksadesimal
  • Kuadran pada koordinat Cartesius
  • Tahun siklus pelaksanaan Olimpiade, Piala Dunia FIFA, Piala Eropa, Asian Games, Pekan Olahraga Nasional, Piala Asia, dan beberapa kejuaraan olahraga lainnya.

4 adalah simbol yang luar biasa melambangkan ketenangan dan kestabilan. Anda orang yang praktis, sadar detail, pandai mengatur, dan berkepribadian teguh. Anda adalah seorang pekerja keras yang memiliki kesabaran dan menyukai hal-hal yang rumit dan penuh dengan rincian. Dalam hidup, Anda membutuhkan rasa aman, kepastian, stabilitas, dan rutinitas dalam pekerjaan. Anda mungkin merasa gamang jika kegiatan Anda hari ini berbeda dengan hari kemarin. Anda adalah orang yang mandiri dan mampu mengeluarkan potensi terbaik dalam diri orang lain. Selain itu, Anda juga orang yang jujur dan memegang teguh kepercayaan orang lain. Akan tetapi, Anda yang memiliki angka 4 sering melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berlawanan, sehingga tampak seperti pembangkang dan tidak konvensional. Anda juga terkesan kaku dan keras kepala.

Fengshui

Dalam Fengshui pun angka memiliki makna khusus dan berpengaruh dalam kehidupan manusia. Konsep angka atau nomor adalah hal yang diperhitungkan dalam ilmu arah dan tata ruang dari China ini. Banyak yang percaya angka berimplikasi pada banyak hal sehingga muncul istilah angka baik dan angka buruk. Dalam Fengshui, angka 4 adalah angka puitis dan romantis yang memajukan pendidikan dan karya tulis.

 Wikipedia

4 (dibaca empat) adalah sebuah angka, sistem bilangan, dan nama dari Glyph yang mewakili angka tersebut. Angka ini merupakan bilangan asli di antara 3 dan 5.

Perlakuan khusus bisa diambil untuk menghindari kemunculan angka 4 pada hari-hari libur, atau ketika seorang anggota keluarga sakit, khususnya dalam budaya Cina. Selain itu, 14, 24, dan lainnya juga dihindari karena kemunculan angka 4 di nomor-nomor tersebut. Di negara-negara ini, nomor lantai tersebut sering dilompati, mulai dari hotel, perkantoran, apartemen, dan rumah sakit. Nomor meja 4, 14, 24, dan lainnya juga dicabut pada pesta pernikahan atau pertemuan sosial lainnya di negara-negara ini. Di banyak komplek penghunian, blok gedung 4, 14, 24 dan lainnya biasa diganti dengan 3A, 13A, dn 23A.

Di Hong Kong, beberapa apartemen seperti Vision City[2] dan The Arch[3] melompati semua lantai dari 40 hingga 49. Di atas 39/F ada 50/F, sehingga orang-orang yang tidak takut tetrafobia tahu bahwa sejumlah lantai hilang.

Bangsa Cina juga memperlihatkan hal ini dengan lambang pesawat militer dimulai dengan angka 5, sebagaimana pada pesawat “Shenyang J-5”. Angkatan Laut Republik Cina (Taiwan) dan Korea Selatan juga tidak menggunakan angka 4 ketika memasang angka bendera di kapal-kapalnya.

Di Korea, tetrafobia tidak terlalu ekstrem, tapi lantai 4 selalu dilompati di rumah sakit dan bangunan-bangunan umum. Di gedung lainnya, lantai ke-4 kadang-kadang ditandai “F” (Four), bukan “4” pada lift-nya. Nomor apartemen yang berisi kemunculan angka 4 ganda (seperti 404) diharapkan dihindari karena nilai properti bisa berubah.

Tetraphobia adalah kekhawatiran atau ketakutan terhadap angka 4. Merupakan sebuah takhayul yang paling umum di daerah Asia Timur seperti Cina, Jepang, Korea, dan Taiwan.

Sebagai Contoh:

  • Nokia tidak pernah memasukkan angka 4 pada setiap angka seri handphone nya
  • Beberapa gedung di jakarta tidak memiliki lantai 4 , dan atau berhubungan dengan angka 4.
  • Dan yang mengejutkan. Apple yang selama ini diagung-agung kan oleh pencinta gadget dan teknologi . Harus mengalami kesialan yaitu memproduksi “IPhone 4 ” dengan kesialan “Ketidaksempurnaan Antena” yang mengakibatkan apple harus menanggung jawabkan segala Masalah yang ditimbulkan
  • Di MU pemain dengan Jersey nomor punggung 4 hanya bertahan kurang dari 2 tahun. ( Sebastian Veron, David May, Gabriel Heinze , lalu apa kabar dengan Owen Hargreaves ??
  • Kepercayaan ini dianut bukan oleh kalangan orang awam saja, bahkan perusahaan Canon di Jepang pun takut oleh angka 4 ini sehingga untuk model digital camera nya, mereka tidak berani menggunakan nama model PowerShot G4 melainkan langsung melompat dari PowerShot G3 menjadi G5.

My Question:

  • Kenapa Intel menamakan Pentium 4, bukan Pentium IV?
  • Bagaimana dengan diluncurkannya iPhone 4S (For Steve) seri terbarunya? Setelah ditinggal Steve Jobs.. (R.I.P. Oktober 2011)
  • Kenapa harus “4 Mata”..yang sekarang ditambahkan kata “Bukan” diawal kalimatnya? Kalo yang ini tanya sama Tukul ya.. haha..

4/1/2004 our anniversary.. I Love You 4 ever..

Sumber: Berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: